1,249 total views,  4 views today

Komponen 3: Pengembangan Kapasitas Sumber daya Manusia Iptek, bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Adapun kegiatan yang yang dilaksanakan untuk mendukung komponen ini adalah pemberian beasiswa untuk Pendidikan tingkat lanjut, program S2 dan S3 untuk tujuan studi di luar negeri, selain pemberian beasiswa Program Gelar, RISET-Pro Komponen 3 juga memberikan beasiswa Program Non Gelar berupa program pelatihan, kursus, serta pemagangan yang dapat dilaksanakan baik di dalam maupun luar negeri. Program Non Gelar ini dapat pula mendatangkan tenaga ahli, pengajar atau peneliti luar negeri untuk dapat meningkatkan kapasitas keilmuwan SDM Kemenristek/BRIN dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK). Biaya penyelenggaraan program ini bersumber dari dana world bank project loan number 8245-ID.

Program Gelar RISET-Pro di luar negeri dapat diikuti oleh pegawai Kemenristek/BRIN, LPNK Ristek, Kelembagaan Iptek, jika memenuhi kriteria/pesyaratan dasar yang ditentukan dan lolos seleksi. Program gelar sampai dengan bulan Oktober 2020 telah memberangkatkan sejumlah 463 karyasiswa dari hasil tersebut sudah melampaui target pemberangkatkan karyasiswa yang ditetapkan untuk proyek RISET-Pro yaitu sebanyak 422 karyasiswa.

Program Gelar bertujuan sebagai berikut:

  • Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Kemenristek/BRIN, LPNK, serta mitra dan konsorsium riset LPNK;
  • Meningkatkan produktivitas riset sehingga LPNK mampu berkompetisi secara global untuk mendukung program penguatan system inovasi nasional;
  • Mempercepat tercapainya output dan outcome Kemenristek/BRIN, LPNK sesuai RIRN, PRN, dan/atau Renstra Kemenristek/BRIN, dan LPNK;
  • Mendorong tumbuhnya inovasi serta mendukung implementasi program Perioritas Nasional (PN).

Dampak-dampak yang dirasakan alumni untuk Program Gelar RISET-Pro

  1. Perubahan pengetahuan/kemampuan. Perubahan ini terletak pada pengetahuan mengenai fokus bidang ilmu yang dipelajari ketika studi dan peningkatan kemampuan komunikasi berbahasa Inggris secara professional.
  2. Aspek pembelajaran yang paling bermanfaat. Pembelajaran yang paling bernanfaat adalah aspek penajaman keilmuan, aspek manajement/tata kelola riset, aspek penambahan jaringan.
  3. Metode penerapan ilmu (ilmu sesuai program studi) pada lembaga asal;
  4. Penerapan budaya kerja yang baik, disiplin dan tertib
  5. Memberikan informasi-informasi yang didapatkan selama program pada rekan sejawat untuk transfer knowledge saat diskusi pekerjaan sehari-hari maupun saat rapat formal
  6. Pengembangan roadmap lembaga
  7. Kecapaian output (Jumlah alumni S3 yang memimpin riset dan alumni S2 yang melakukan riset).

Program Gelar RISET-Pro sampai dengan tahun 2020 telah memberangkatkan sejumlah 463 peserta untuk program doktor (S3) dan magister (S2) ke luar negeri. Jumlah ini sudah melebihi target yang ditentukan yaitu sebesar 422. Komposisi jumlah pria dan wanita penerima Program Gelar RISET-Pro adalah 67% atau sebanyak 312 orang pria, dan 33% atau sebanyak 151 orang wanita. Sementara jumlah peserta yang mengambil program magister adalah sebanyak 255 orang (55%) dan yang mengambil program doktor sebanyak 208 orang (45%).

PenerimaBeasiswa Program Gelar RISET-Pro daritahun 2013 s.d. 2018, sebanyak 463 orang

Sebaran Peserta Program Gelar RISET-Pro

Negara-negara yang menjadi tujuan studi para peserta Program Gelar adalah: Amerika Serikat, Australia, Belanda, Belgia, Czech Republic, Denmark, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Kroasia, New Zealand, Perancis, Rusia, Swedia, Swiss, dan Taiwan.

Sebaran Negara Tujuan Peserta Program Gelar

Hasil lain yang cukup membanggakan dari para lulusan program doktor dan magister beasiswa RISET-Pro adalah publikasi karya tulis ilmiah di jurnal internasional terindeks global (Scopus dan/atau Thomson Reuters) dengan peringkat Q1-Q4 berdasarkan Scimago Rank. Sampai dengan November 2020, informasi yang diperoleh terdapat 546 publikasi yang terindeks global dan 518 publikasi tidak terindeks global. Selain itu, peserta program gelar setidaknya sudah mendapatkan ataupun dalam proses pengajuan 27 Kekayaan Intelektual, antara lain berupa paten, hak cipta, dan desain industri.

Publikasi dan Kekayaan Intelektual Peserta Program Gelar

Program Non-Gelar

Sampai dengan tahun 2020, terdapat 2.073 peserta yang berasal dari Kemenristekdikti, LPNK, Konsorsium Riset, dan Kementerian terkait yang telah mengikuti program non gelar. Angka tersebut sudah melebihi target yang ditentukan yaitu 1.907 peserta.

Program Non-Gelar bertujuan untuk: (i) meningkatkan kualitas SDM BRIN, LPNK Ristek, serta mitra dan konsorsium riset LPNK, (ii) meningkatkan produktivitas riset sehingga LPNK mampu berkompetisi secara global untuk mendukung program penguatan sistem inovasi nasional, (iii) mempercepat tercapainya output dan outcome BRIN, LPNK sesuai RIRN, PRN, dan/atau Renstra BRIN dan LPNK, dan (iv) mendorong tumbuhnya inovasi serta mendukung implementasi program-program Prioritas Nasional (PN).

Dampak-dampak yang dirasakan alumni untuk Program Non-Gelar

  1. Perubahan pengetahuan/kemampuan. Kemampuan membangun jaringan dalam bidang riset yang serupa dan pengetahuan mengenai fokus bidang yang ditekuni.
  2. Aspek pembelajaran paling bermanfaat. Aspek penajaman keilmuan, penambahan jaringan dan manajemen/tata kelola riset.
  3. Metode penerapan ilmu pada lembaga asal. Memberi informasi-informasi yang didapatkan selama program pada rekan sejawat. Membuat konsorsium bersama lembaga-lembaga yang berkaitan dengan ilmu yang didapatkan selama program.

Program Non Gelar RISET-Pro secara regular memberangkatkan peserta untuk mengikuti pelatihan atau magang sejak tahun 2013, dan akan berlanjut di Program Non-Gelar (PNG) tahun 2021 yang berfokus pada penguatan dan amplifikasi luaran Program Riset Nasional (PRN) 2020-2024.

Jenis kegiatan Program Non Gelar terbesar pesertanya adalah tailor made. Kondisi ini mengindikasikan kebutuhan pelatihan yang diadaptasi dengan kondisi terkini SDM Iptek. Jenis kegiatan lainnya yang populer adalah immersion, dikarenakan adanya kebutuhan peningkatan kapasitas dengan metode pemagangan di universitas / industri di luar negeri dengan pertimbangan sarana prasarana di luar negeri yang lebih baik dari institusi asal.

Untuk tahun 2020, program non gelar awalnya direncanakan akan memberangkatkan 150 orang peserta. Jumlah pendaftar untuk program ini tahun 2020 ini sebanyak 39 proposal untuk pelatihan di dalam negeri dengan jumlah peserta sebanyak 237 orang peserta, sedangkan untuk pelatihan di luar negeri sebanyak 34 proposal dengan jumlah peserta sebanyak 214 orang. Setelah dilakukan proses seleksi, dihasilkan sebanyak 46 proposal dengan jumlah peserta 280 orang yang memenuhi syarat. Namun karena tahun 2020 ini seluruh dunia mengalami situasi pandemi Covid-19, program pelatihan non gelar yang biasanya dilakukan secara tatap muka diubah menjadi pelatihan secara online dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Berdasarkan review dari World Bank, jumlah proposal yang disetujui untuk dilaksanakan secara online berjumlah 14 buah dengan jumlah peserta sebanyak 96 orang, semua pelatihan dilakukan online di dalam negeri.

Informasi Tracer Study Alumni RISETPro dapat dilihat pada SIARMATA (Sistem Informasi Alumni RISETPro dan Manajemen Talenta): http://www.siarmata.id

SIARMATA (Sistem Informasi Alumni RISET-Pro dan Manajemen Talenta)

Program beasiswa gelar dan non-gelar RISET-Pro yang telah berjalan sejak Tahun 2013 merupakan salah satu upaya dari pemerintah Indonesia melalui BRIN dan Bank Dunia untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi talenta riset dan inovasi.

Sampai saat ini program beasiswa gelar dan non-gelar RISET-Pro telah memberi manfaat kepada 373 orang alumni dalam peningkatan kualifikasi S-2 dan S-3 mereka, serta memberi manfaat kepada 2.299 alumni beasiswa non-gelar dalam meningkatkan kompetensi mereka.

Talenta-talenta alumni program beasiswa RISET-Pro merupakan modal penggerak pembangunan Indonesia di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Kepakaran dari tiap talenta riset dan inovasi ini harus dapat dikelola dengan baik dan diberdayakan untuk kemajuan dan peningkatan daya saing bangsa.

Saat ini terdapat kebutuhan untuk dapat mendata profil Alumni, mengumpulkan portfolio kegiatan proyek atau riset dan luaran riset mereka, menjejaringkan dan mempromosikan keahlian para-Alumni kepada mitra riset atau industry serta membentuk komunitas praktik para–Alumni RISET-Pro. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka program RISET-Pro bersama Direktorat Manajemen Talenta Badan Riset Inovasi Nasional mengembangkan SIARMATA (Sistem Informasi Alumni RISET-Pro dan Manajemen Talenta).

Dalam SIARMATA (Sistem Informasi Alumni RISET-Pro dan Manajemen Talenta) ini para-Alumni dapat berbagi profil, portfolio kegiatan riset dan inovasi atau proyek yang pernah dan sedang dijalankan, publikasi riset dan luaran riset serta inovasi lainnya, kegiatan pengembangan kapasitas yang pernah diikuti serta penghargaan yang pernah mereka dapatkan.

Di dalamnya, para-Alumni juga dapat berbagi informasi tentang kegiatan pengembangan kapasitas seperti seminar, workshop, pelatihan, magang industri, call for proposal riset, kemitraan dan informasi lain yang relevan dengan pengembangan talenta riset dan inovasi kepada para alumni lainnya. Selain itu, untuk kebutuhan Tracer Study untuk mengukur potensi dampak alumni berupa academic excellence, economic benefit dan social benefit, maka di dalam SIARMATA disediakan fitur Survey Online.

Para Alumni juga akan mendapatkan point untuk setiap portfolio kegiatan dan luaran riset dan inovasi yang mereka bagikan untuk memotivasi mereka dalam memperkaya data. Selain itu, untuk meningkatkan interaktivitas maka para-alumni dapat memberikan komentar pada informasi yang dibagikan oleh para-alumni. Untuk meningkatkan interaktifitas antar alumni, maka saat ini tengah dikembangkan fitur Forum Diskusi.

Saat ini SIARMATA (Sistem Informasi Alumni RISET-Pro dan Manajemen Talenta) dapat diakses pada alamat web sementara : http://siarmata.id  

Peta Jejaring Kepakaran Alumni RISETPro: https://public.flourish.studio/visualisation/7822332/

Informasi tentang publikasi ilmiah/ilmiah populer alumni RISETPro dapat dilihat pada : https://risetpro.brin.go.id/web/